pengalaman perpanjangan sim 2021 surabaya

mau share sedikit tentang pengalaman perpanjangan sim C di colombo surabaya...

saya sudah pernah 1 kali perpanjangan sim C tapi waktu itu belum musim CORONA,, perpanjangan sim di taman bungkul surabaya itu lebih mudah tidak perlu mondar mandir tinggal antri saja,, dan ini berbeda sekali jika saya harus perpanjangan sim di Colombo..

semua sudah pada tau kan bahwa perpanjangan sim tidak boleh telat 1 hari pun, waktu itu saya H- 1 perpanjangan bingung dong takut gk bisa,, karena kemaren saya mengurus perpanjangan H-5  tapi ternyata alhamdulillah bisa,,, 

pertama-tama kita harus tau syarat yang harus dibawa untuk perpanjangan sim sebelum berangkat ke colombo sebenernya bisa sih tanya-tanya pas sudah sampai tapi lebih baik kita sedia payung sebelum hujan ..

adapun syarat-syarat perpanjangan sim:

1. KTP asli dan fotocopy 

2. SIM asli dan fotocopy 

3. Surat Keterangan Sehat asli

4.Surat Psikologi asli

untuk fotocopy KTP dan SIM mungkin kita tidak ada masalah bisa fotcopy di rumah ataupun pas di colombo karena disana pun ada tukang fotocopy,berapa lembar yg harus kita bawa? kalau saya 3 lembar sebenernya kemaren cuma dippakai 2 sih tapi buat cadangan 2 lembar pun tidak masalah.

Untuk surat keterangan sehat saya sarankan kalau ingin murah kepukesmas,, kemaren saya ke klinik minta dan terhitung mahal tidak di cek apa-apa bayar 50.000 masyaallah. dulu sih pernah 2018 ke puskesmas cuma 10.000 kita di suruh timbang berat badan cek tinggi badan cek kesehatan mata. jauh banget.. harganya.. tapi kalau kalian yang sibuk bekerja dan hanya sempat izin 1 hari untuk mengurus sim bisa kok di colombo juga tersedia klinik untuk meminta cek kesehatan cuma 25.000 tapi sama saja tidak dicek apa-apa hanya dapet surat keterangan sehat ( dapat info dari teman yang sedang sama" mengurus perpanjangan sim). jadi tinggal pilih saja mau ke klinik, ke puskesmas atau langsung ke colombo.

lah ini syarat terahir surat psikologi asli ini baru berlaku sejak desember 2019, saya sempat bingung karena baru tahu pas di colombonya,, untuk tesnya tidak sulit jadi jangan takut tidak lolos, jika pun tidak lolos kita bisa ulang tes sampai lolos,, 

Saya berangkat dari rumah jam 7.00 pagi langsung parkir eh ternyata udah ada yg antri walau loket belum dibuka. ikut antri dong pas nanya ke petugas pak ini saya udah boleh  minta nomer antria,, 

petugas baik yaa boleh tapi kumpulin persyaratanya ya,, eh tes psikologi belum,, ternyata tempat tes psikologi didepan jalan raya,, jalan dong lumayan gk jau jg pikiran saya wah saya sudah berangkat pagi pasti antrian depan nih,, ternyata sudah hampir 20 orang yang antri.. tp krn tesnya berbarengan jadi cepat.. di tes psikologi nih baru diminta fotocopy ktp dan sim 1 saja. habis itu di suruh ke lantai 2 untuk ambil soal tes dan mengerjakan menurut saya mudah sekali hanya centah YA atau TIDAK sudah dikumpulin dan yg lulus dipanggil dan bayar 50.000 

setelah selesai baru dong ke klinik untuk mendapat surat keterangan sehat karena saya sudah punya jadi langsung ketempat loket tadi. dan cepat sekali walau harus mondar mandir tapi proses di colombo lebih cepat, dapet nomer antrian langsung isi form. dikumpulin foto, lalu ke lantai 2 bayar deh untuk lists harga :

Perpanjangan SIM A Rp. 80.000

Perpanjangan SIM B1 Rp. 80.000

Perpanjangan SIM B2 Rp. 80.000

Perpanjangan SIM C Rp. 75.000

Perpanjangan SIM D ( berkebutuhan khusus) Rp. 30.000 

Perpanjang SIM internasional Rp. 225.000 

setelah bayar naruh berkas nunggu dipanggil dan selesai peranjangan SIM sudah selesai


nb: saya sarankan untuk perpanjangan jangan terlalu jauh jaraknya dari jatuh tempo karena sekarang masa akktifnya berahir ketika anda mengurus perpanjangan. 


terimakasih,,,,,,  





Komentar

Postingan populer dari blog ini

aqurius 6 okt 2012

ADR (Alernative Dispute Resolution)

ADR (Alernative Dispute Resolution)